Jumat, 02 Oktober 2015

Segudang manfaat madu yang luar biasa

Madu sudah dipercaya memiliki manfaat/khasiat untuk kesehatan yang luar biasa sejak jaman dahulu. Disebut-sebut madu adalah salah satu minuman terbaik di dunia. Zat yang dihasilkan dari seekor lebah ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia
Manfaat madu sangatlah banyak seprti untuk kecantikan,  kesehatan, dan lain-lain. Di dunia kecantikan madu biasanya dimanfaatkan sebagai lulur yang berkhasiat untuk menghaluskan serta melembutkan kulit. Sedangkan dalam dunia kesehatan madu dipercaya dapt menghilangkan berbagai macam kotoran dari dalam tubuh kita sehingga tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Memang madu memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Dari 100 gram madu ternyta memiliki kandungan energi sebesar 304 kcal, gula sebanyak 82,12 gram, karbohidrat 82,,4 gram, serat 0,2 gram, protein 0,3 gram, air 17,10 gram, vitamin B2 0,038 miligram, vitamin B3 0,121 miligram, vitamin B5 0,068 miligram vitamin B6 0,024 miligram, vitamin B9 2 miligram (1%), Vitamin C 0.5 miligram, Kalsium 6 miligram (1%), Besi 0.42 miligram (3%), Magnesium 2 miligram (1%), Fosfor 4 miligram (1%), Potasium 52 miligram (1%), Sodium 4 miligram  dan zink sebanyak 0,22 miligram. Karena kandungan-kandungan inilah madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. untuk lebih rinci manfaat madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
1.    Dapat digunakan sebagai sumber energi karena madu mengandung energi sebesar 304 kcal/100 gram madu.
2.    Dapat digunakan untuk diet karena walaupun madu mengandung gula tetapi jika diminum bersama dengan air hangat justru akan membantu menyerap lemak di dalam tubuh.
3.    Sebagai sumber antioksidan karena madu memiliki kandungan nuttaceuticals yang dapat mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh.
4.    Manfaat madu adalah dapat mengeluarkan kotoran-kotoran dalam usus dan pembuluh darah dalam tubuh.
5.    Dapat digunakan sebagai  obat batuk berdahak.
6.    Memperlancar buang air kecil.
7.    Sebagai sumber vitamin dalam tubuh karena madu mengandung banyak vitamin seperti vitamin B dan vitamin C
8.    Manfaat madu bagi kesehatan ibu hamil terutama untuk janin yang ada di dalam kandungannya. Karena asam folat yang terkandung di dalam madu karena jika kekurangan asupan asam folat dapat mnyebabkan cacat bawaan bagi janin yang akan di lahirkan.
9.    Asam folat yang terkandung di dalam madu juga bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker rahim dan juga penyakit jantung.
Segudang manfaat madu dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi madu secara rutin. Madu yang dihasilkan dari lebah ini dewasa ini semakin banyak dibuat menjadi produk kemasan yang sudah beredar dibanyak supermarket, minimarket maupun took herbal. Jadi sekarang anda akan lebih mudah mengambil manfaat madu.
Sumber : http://www.klatenherbal.com/manfaat-madu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar